Senin, 15 November 2010

The Bottles Menghibur Pengunjung Giant Surabaya






























Minggu, 14 November 2010 merupakan sebuah hari yang panas di kota Surabaya. Namun hal itu tidak menyurutkan langkah para penggemar Koes Plus untuk menuju pusat pertokoan yang terletak di batas kota. Hari itu, The Bottles, band pelestari asal Surabaya kembali tampil untuk menghibur para pengunjung yang berbelanja di Giant Hipermarket yang terletak di Jl. Ahmad Yani Surabaya.

Pkl. 12.30 WIB satu per satu penggemar Koes Plus yang berada dalam naungan JN Surabaya mulai menghampiri ke area panggung yang berada di pusat belanja yang terletak di lantai 2. Di lokasi panggung nampak personel The Bottles sedang mempersiapkan diri. Alat-alat musik dan sound sistem masih tertutup rapi oleh kain panjang yang menandakan acara belum di mulai. Warga JN Surabaya yang mulai berdatangan segera menyalami personel The Bottles untuk memberikan dukungan semangat.

Para penggiat Koes Plus hadir antara lain, Sam Sugeng beserta istri, Koesyanto, Juliadi, Siswanto dan yang lainnya tampak akrab hadir siang itu. Bahkan ketua JN Surabaya pun hadir bersama calon istrinya. Semua siap mendukung secara morilpenampilan The Bottles siang itu.

Beberapa penggemar Koes Plus yang siang itu hadir tampak kompak sekali mengenakan kaos baru produksi JN Surabaya. Hari itu sekaligus merayakan ulang tahun pertama JN Surabaya, sehingga pengurus hadir dengan komplit. Sebenarnya rencana semula ulang tahun akan diadakan dengan syukuran maka siang bersama. Namun mengingat situasi yang masih prihatin di tengah kondisi daerah lain yang ditimpa bencana juga kebetulan The Bottles tampil pada hari itu, maka perayaan ulang tahun dilakukan dengan acara nonton bersama penampiln The Bottles di Giant Surabaya.

Joko mulai memainkan keyboardnya. Agus mulai menempati set drum. Dody mulai mengoperasikan gitar melodynya. Takari mulai menyandang bass. Teguh mulai memasang gitar akustik rhytymnya sekaligus berbasa-basi menyapa pengunjung yang hadir siang itu. Secara mengejutkan The Bottles membuka penampilan siang itu dengan membawakan sebuah lagu, Mars Jiwa Nusantara. Lagu ini dibawakan dalam rangka Sumpah Pemuda dan Hari Pahlawan yang baru saja diperingati. Perpaduan vokal Teguh, Dody dan Takari membuat lagu kebangsaan insan penggemar Koes Plus ini terasa hidup. Tepuk tangan kekaguman mengiring kesuksesan The Bottles menggemakan lagu ini untuk pertama kali di kalangan band pelestari di Surabaya. Selanjutnya Dody pun menyampaikan bahwa lagu ini merupakan karya Yok Koeswoyo,persoel legendaris Koes Plus.

Lagu kedua yang tak kalah menarik adalah Malam Yang Indah yang dibawakan dengan penuh penghayatan oleh sang vokalis. Bahkan Teguh sedikit improvisasi dengan mengubah syair " aku bernyanyi di malam ini " menjadi " aku bernyanyi di siang ini", untuk menyesuaikan dengan kondisi saat itu. Berikutnya Teguh mempersilakan penonton yang mau request lagu2 Koes Plus. Terdengarlah teriakan penonton yang request lagu Kolam Susu. Tak lama, meluncurlah Kolam Susu yang dibawakan dengan manis oleh The Bottles. Setelah itu berturut-turut lagu-lagu Koes Plus lain dibawakan dengan lancar oleh band pelestari yang berisi orang-orang muda yang bekerja pada sebuah instansi yg sama ini. Bis Sekolah, Manis Dan Sayang, Jemu dan Manis Sekali menjadi suguhan yang manis bagi pengunjug yang berbelanja siang itu. Bahkan The Bottles memberikan kejutan pada Ketua JN Sby dengan memwakan lagu Aku Dan Dirimu, yang sering direquest kala The Bottles tampil.

Tanpa diduga, siang itu hadir juga teman-teman penggemar Koes Plus dari Fans Koes Plus Ronggolawe Tuban. Dengan koordinasi sang sekretaris, lima penggemar Koes Plus Tuban hadir untuk menyaksikan penampilan The Bottles. Mereka sangat puas melihat lagu-lagu Koes Plus yang dimainkan dengan irama asli dan menarik oleh The Bottles. Bahkan saking senangnya, sampai ikut bernyanyi naik ke panggung da tidak mau turun sampai beberapa lagu. Berawal dari Keroncong Cincin, Oh Kasihan, Why Do You Love Me dan bertubi-tubi lagu Koes Plus lain didendangkan yang dapat diiringi dengan baik oleh The Bottles.

Kehadiran para pengurus FKPR Tuban ini sebenarnya bukan melaui perencanaan yang formal. Semua berawal dari bulan lalu, ketika Bpk Murtopo, Sekretaris FKPR sedang belanja di Giant bersama putra beliau. Tak diduga saat itu mendengarkan lagu-lagu Koes Plus dimainkan dengan bagus oleh The Bottles ini. Setelah melalui proses perkenalan, akhirnya beliau menyanggupi untuk hadir pada penampilan berikutnya bersama teman-teman pengurus lain. Jadilah kesempatan siang itu merupakan suatu momen yang berharga dengan bertemunya rekan-rekan FKPR Tuban bersama warga JN Surabaya dalam suasana yang santai.

Penampilan The Bottles sangat menarik dan mamu membius pengunjung yang hadir siang itu. Namun yang menjadi catatan adalah perlunya mereka berlatih lagu-lagu Koes Plus yang populer lebih banyak lagi. Mengingat saat itu ada yang sangat ingin untuk lagu Penyanyi Tua dibawakan, tapi rupanya The Bottles belum siap. Mungkin hal ini disebabkan terlalu banyak latihan lagu Koes Plus yang unik dan kurang populer, sehingga yang populer jarang dilatih lagi dengan baik.

Tepat pkl. 16.00 acara harus diakhiri. Semua pengunjung yang semula hanya berbelanja jadi terpaku selama tiga jam untuk menyaksikan lagu-lagu Koes Plus ditamilkan oleh The Bottles. Bahkan tak terduga pula, ada pengunjung yang berasal dari Solo yang juga penggemar Koes Plus dan biasa hadir di THR Sriwedari Solo. Salah seorang pengunjung merupakan staff sebuah bank swasta, sangat tertarik dengan penampilan The Bottles dan berniat mengundang pada salah satu even yang rutin diadakan oleh bank yang berkantor di Mojokerto itu.

Demikian yang dapat kami sampaikan dari penampilan band pelestari The Bottles. Mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih. Merdeka...!!!!

( Okky T. Rahardjo, Ketua JN Surabaya-085645705091 )

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar