Rabu, 10 November 2010

Catatan satu tahun JN Surabaya

    Hari ini tepat pada tanggal 10 November 2010, Jiwa Nusantara Surabaya berusia satu tahun. Sebuah komunitas penggemar Koes Bersaudara dan Koes Plus yang didirikan dengan motivasi tulus untuk mengembangkan apresiasi atas dasar kecintaan pada grup musik legendaris ini. Komunitas ini menjangkau wilayah Surabaya dan sekitarnya yaitu Surabaya, Sidoarjo, Bangkalan dan Gresik. Kadang-kadang kami menyebut dengan yang dijangkau oleh kode area “031”.

       Jiwa Nusantara Surabaya ( JN Surabaya ) didirikan oleh empat orang penggemar Koes Plus yang memiliki tekad khas Arek Suroboyo ( Bonek ). Keempat orang itu adalah : Okky T. Rahardjo, Koesyanto, Sam Sugeng dan Juliadi. JN Surabaya saat itu dibentuk di sebuah rumah yang terletak di gang sempit jl. Kedung Turi II belakang hotel JW Marriot Surabaya. Keempat orang ini memiliki tekad yang bulat untuk membentuk sebuah komunitas penggemar Koes Plus setelah sebelumnya berhimpun bersama melalui sebuah acara radio “Koes Plus Mania”.

    Setelah acara radio tersebut berhenti, maka timbul suatu keinginan untuk membentuk sebuah fans club Koes Plus. Komunitas yang baru ini harus merupakan komunitas yang sehat, penuh kekeluargaan dan bebas dari kepentingan tertentu yang menjatuhkan. Sehingga tidak ada rasa persaingan antar pribadi, yang ada hanyalah saling ketergantungan satu sama lain. 

 Adapun yang menjadi visi kami sebagai komunitas penggemar adalah mempererat persaudaraan, melestarikan karya Koes Bersaudara & Koes Plus ( baik dalam bentuk dokumentasi maupun band pelestari ) serta berjumpa dengan personel Koes Bersaudara & Koes Plus.

 Selama satu tahun ini ada begitu banyak suka dan duka yang kami alami. Ketika kami mengalami sebuah peristiwa yang pahit, rasanya seakan kebersamaan kami akan berakhir saat itu. Namun ketika segala peristiwa yang manis kami jalani, semua kenangan yang pahit itu seolah terhapus begitu saja. Pada awal pembentukan kami, sempat mengalami penjegalan oleh pihak tertentu saat akan siaran di sebuah stasiun radio. Namun hal itu tidak menjadi duka yang berlarut karena sebelumnya kami sudah diberi kesempatan untuk membuat sebuah program acara di sebuah televisi lokal. Kami sempat ditipu oleh penjual kaos pada wal kami ingin eksis mencari jati diri melalui merchandise, saat ini puluhan kaos sudah beredar untuk menunjukkan keberadaan JN Surabaya. Konflik antar pribadi pun sempat juga kami alami, namun dengan keterbukaan yang tulus hal itu dapat kami selesaikan tanpa harus saling melukai.

 Beragam even telah dapat kami ikuti sebagai bukti eksistensi kami. Setelah kami mendeklarasikan diri pada 10 Januari 2010 dengan dihadiri oleh penggemar Koes Plus dari 10 kota, JN Surabaya terus aktif mengikuti kegiatan per-Koes Plus-an di bumi Nusantara ini. Pada bulan Januari kami menjadi salah satu dekalarator Hari Koes Plus Nasional di Solo bersama rekan-rekan dari kota lain. Bulan Maret kami mengikuti Pra Munas di Kudus yang dilanjutkan Munas di Ciawi, Bogor.

Selanjutnya kami juga bersyukur diberi kemudahan untuk bertemu dengan personel Koes Plus secara lengkap. Pada bulan Mei, kami menjumpai Murry di kota Mojokerto saat beliau sedang show bersama Murry’s Group. Awal Juli secara pribadi, salah seorang pengurus bertemu dengan Nomo Koeswoyo di kediaman beliau di Magelang. Akhir Juli kami bertemu Yok Koeswoyo dalam acara Gema Jiwa Nusantara di kota Malang sekaligus menghadirkan dua band pelestari kami pada acara tersebut. Selanjutnya pada awal Oktober lalu kami berjumpa Yon Koeswoyo di Surabaya. Pada saat itu pula Yon Koeswoyo bersedia hadir di even yang kami adakan.

Semua hal yang terjadi di atas tentu tidak lepas dari peran serta berbagai pihak yang selalu mendukung kami setiap saat. Bahkan kami tidak mengingkari bila makin bertambah waktu berjalan tentu ada banyak konflik dan masalah yang kami hadapi. Tapi dengan ketulusan hati, kami percaya Tuhan pasti memberi kemampuan bagi kami untuk melaluinya.

Terlalu sulit menggambarkan perjalanan selama satu tahun dalam sebuah lembaran tulisan. Akhir kata kami mohon dukungan doa dari berbagai penggemar Koes Plus di Nusantara ini supaya kami tetap eksis, konsis dan aktif dalam melestarikan karya legendaries Koes Bersaudara dan Koes Plus. Mohon maaf atas segala tingkah laku, pemikiran serta perkataan kami yang menyinggung rekan-rekan penggemar Koes Plus selama ini.

Sekaligus kami mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak yang mendukung kami, antara lain yaitu :

Tuhan Yang Maha Esa, atas kepsempatan yang diberikan
Keluarga besar Koes Bersaudara & Koes Plus, atas dukungan morilnya
Wasis Susilo, Pembina JN Pusat dan JN Surabaya
Budi Santosa, Pembina JN Surabaya
Antonius Suseno
Didik B. Djauhari
Djoko Pramono
Drg. Winaryo
The Bottles band ( Dody dkk. )
JINUSS band ( Bagoes dkk. )
Beat Plus ( Sutaryono dkk. )
KPM Band ( Bambang S. dkk. )
B Plus band
B Flat band
Arek Tv ( Sasetya dkk. )
Rapendik ( Ibu Win, mbak Ratna, mbak Ida dan staff )
Segenap warga JN Surabaya
Segenap komunitas penggemar Koes Plus di berbagai kota
Serta berbagai pihak yang mendukung kami dalam berbagai bentuk yang tak dapat kami sebutkan satu per satu.
Terima kasih dan…..Merdeka……!!!!!
Okky T. Rahardjo ( Ketua JN Surabaya, 085645705091 )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar