Jumat, 20 Mei 2011

Dokumentasi "Lagu Lan Pitutur Bersama John Koeswoyo "


Pada tanggal 1 Mei 2011 yang lalu, kami Jiwa Nusantara Surabaya mengadakan sebuah even bersejarah, yang bahkan konon merupakan untuk pertama kalinya di Indonesia. Even itu berupa talk show mengupas seputar keberadaan Koes Bersaudara. Yang menjadikan unikdan bersejarah karena kami menghadirkan langsung tokoh di balikberdirinya Koes Bersaudara yang juga personelformasipertama. Beliau adalah John Koeswoyo. Menurut beberapa teman penggemar Koes Plus, belum pernah ada even yang menghadirkan personel tapi khusus untuk bercerita.

Apa yang kami lakukan sebenarnya memenuhi amanat John Koeswoyo supaya ditampilkan di masa tua beliau. Tujuan beliau ingin ditampilkan tak lain adalah supaya masyarakat umum ingat bahwa beliau adalah pendiri Koes Bersaudara. Dengan segala keterbatasan, karena waktu yang sangat singkat. Kami diberi mandat pada 13 Maret 2011 lalu kami menyelenggarakan even tersebut pada 1 Mei 2011, sementara beliau harus sudah kembali ke Jakarta pada tanggal 5 Mei2011. Walau bagaimana pun kami berusaha menyelenggarakan acara ini karena melihat penting sekali dari segi sejarah untuk pelestarian karya Koes Bersaudara.

Berbagai kisah diungkap oleh John Koeswoyo. Mau tahu tentang misteri "Sowa-Sawu"yang sering ditanyakan oleh Tonny pada kakaknya, John Koeswoyo? Kisah logis tentang inspirasi terciptanya lagu Bis Sekolah juga diungkapkan disini. John juga jujur mengenai sumber dana untukmembeli alat-alat musik bagi Tonny dan adik-adiknya waktu itu. Sudah tahu tentang kisah dari lagu Sayur Asem serta Haru Dan Bahagia ? Sudahkah anda mengetahui lagu karya John Koeswoyo yang ternyata ada di album Koes Bersaudara dan Koes Plus ?

Berbagai komunitas penggemar yang hadir juga banyak mengajukan pertanyaan pada John Koeswoyo. Pertanyaan yang diajukan oleh teman-teman yang hadir waktu itu mewakili kita semua sebagai penggemar Koes Bersaudara dan Koes Plus. Pertanyaan yang "kelas ringan" maupun "kelas berat" hadir di acara ini. Kalau anda merasa belumtahu banyak tentang Koes Bersaudara, vcd dokumentasi ini akan mampu membawa kita mengenal mereka. Kalau anda merasa sebagai seorang yang sudah " tahu banyak" tentang Koes Bersaudara, maka vcd ini akan mampu melengkapi pengetahuan anda tersebut. Semua kita akan dibawa mengenal Koes Bersaudara dan Tonny Koeswoyo secara pribadi dan terbuka melalui kejujuran seorang John Koeswoyo.

Mungkin secara teknis anda akan menilai acara ini banyak kekurangan. Terlalu banyak yang bisa dinilai disini. Sound sistem yang kurang maksimal, acara yang apa adanya saja, properti yang terkesan kurang istimewa, lokasiyang terlalu sempit,atau beberapa dialog terkesan bertele-tele, naif dan seadanya namun kami berusaha memfasilitasi kerinduan penggemar Koes Bersaudara & Koes Plus pada sosok yang mereka kagumi ini.

Dokumentasi vcd ini kami kemas sedemikian rupa menjadi 2 seri dengan harga Rp. 50.000,00 ( untuk 2 seri). Sebagian hasil penjualan akan kami berikan sebagai kontribusi pada John Koeswoyo. Karena dengan cara ini kami dapat membantu beliau di masa tua yang tidakmendapatkan jaminan pensiun. Beliau mengungkapkan ingin tampil sekaligus pamitan, maka kami berusaha memenuhi harapan beliau walaupun sumber daya kami sangat terbatas. Namun ternyata dukungan beberapa komunitas penggemar yang ada di Jawa Timur serta dari Jiwa Nusantara Pusat mampu membangkitkan semangat kami untuk tidak mundur menyelenggarakan even yang penuh sejarah dan makna ini.

Akhirnya dengan segala kerendahan hati, kami mempersembahkan vcd dokumentasi " Lagu Lan Pitutur Bersama John Koeswoyo" sebagai setitik air di antara lautan pelestarian karya Koes Bersaudara & KoesPlus. Keterbatasan yang ada mohon diterima sebagai sebuah karya manusia yang memang tiada pernah sempurna.

Bila berminat bisa hubungi : Okky T.Rahardjo ( Ketua JN Surabaya--085645705091 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar