Rabu, 05 Agustus 2015

No Koes Memeriahkan Sertijab Pangdam V/Brawijaya




           Malam itu langit kota Surabaya tampak cerah tanpa sekali pun mendung menggantung. Satu per satu mobil memasuki pelataran parkir  Balai Kartika Surabaya yang berada di kawasan Makodam V/ Brawijaya. Kawasan militer yang biasanya lengang dan tak tersentuh umum, kali itu tampak cair dan luwes menerima tamu dari kalangan umum.

            Hari itu Senin, 3 Agustus 2015 di gedung Balai Prajurit yang seringkali disebut dengan Balai Kartika diadakan acara lepas sambut Pangdam V/Brawijaya.  Mayjen TNI Eko Wiratmoko, S.Sos selaku Pangdam V/Brawijaya yang lama harus melepaskan jabatan yang dialihkan pada Mayjen TNI Sumardi. Sementara Mayjen Eko sendiri dipromosikan naik bintang tiga menjadi sekretaris Menko Polhukam. Sebenarnya pergantian Pangdam sendiri sudah resmi terhitung pada 25 Juli 2015, namun senin malam itu digelar ramah tamah pisah kenal pejabat lama dan baru.

            Acara lepas sambut ini diawali dengan seremoni semi formal yang berisi beberapa sambutan dari pejabat yang hadir. Soekarwo selaku Gubernur Jawa Timur tampak hadir menyampaikan kata-kata kesan bagi Pangdam lama serta pesan bagi pejabat yang baru. Mayjen Sumardi yang merupakan pejabat militer kelahiran Boyolali ini sebelumnya menjabat sebagai Gubernur Akademi Militer. Berpindahnya beliau ke bumi Jawa Timur ini seperti tugas pulang kampung, mengingat pada tahun 2010 beliau pernah menunaikan tugas di Mojokerto. Sekitar seribu undangan hadir memenuhi gedung yang terletak di jl. R. Wijaya Surabaya ini.

            Setelah berbagai sesi formal diselesaikan tibalah acara hiburan mengisi rangkaian acara malam itu. Pengatur acara pun mulai berganti pula. Dari pembawa acara protokoler Kodam V/Brawijaya selanjutnya tugas diemban oleh Topan seorang komedian ibu kota yang kini mengadu nasib di Kota Surabaya. Panggung diisi oleh home band Master dari Surabaya yang mengiringi beberapa artis lokal dan pengisi acara non band. Beberapa lagu nostalgia baik Indonesia maupun barat didendangkan oleh pengisi acara yang berupaya menampilkan sajian terbaik dan berkesan bagi pejabat tinggi yang sudah harus berpindah tugas saat itu.

            Selain artis lokal Surabaya dari tim Master Band, beberapa staf Kodam V/Brawijaya juga ikut berpartisipasi menyumbangkan suara. Tampak beberapa istri pejabat militer ikut mendendangkan lagu untuk memeriahkan acara gembira malam itu. Sekitar pkl. 20.00, sesuai round down yang telah diatur, giliran No Koes  yang mengisi panggung hiburan. Band pimpinan Nomo Koeswoyo ini memang sengaja dihadirkan untuk menjadi tamu istimewa bagi Mayjen Eko yang memang penggemar lagu-lagu Koes Bersaudara.

            Topan selaku host mencoba menggali sedikit informasi seputar aktivitas Nomo Koeswoyo sembari personel lain mempersiapkan alat musik masing-masing. Nomo sendiri bersama rombongan sudah mulai ada di Jawa Timur sejak hari Minggu yang diawali dengan mampir di Tuban lalu dilanjutkan singgah di Gresik. Konon berikutnya No Koes akan hadir di Kota Malang dalam acara Halal Bi Halal atas undangan KPK Arema.

            No Koes generasi baru hadir dengan formasi lengkap yaitu Nugroho (Rhytm-Lead Guitar), Yudi (Keyboard), Yanto (Bass) dan Pithut Balance selaku drumer merangkap manajer No Koes. Mereka ini yang sekitar dua tahun terakhir solid mengiringi Nomo Koeswoyo ke mana pun beliau memperoleh undangan tampil bernyanyi. Setelah alat musik sudah disetting dan dipersiapkan dengan baik, meluncurlah Andaikan kau Datang dari vokal tegas Nomo Koeswoyo. Mengingat lagu ini sudah cukup dikenal maka banyak undangan yang meresponi untuk menyanyikan lagu legendaris ini.

            Nomo pun mencoba mencairkan suasana dengan turun dari panggung dan menyodorkan mik pada istri Pangdam yang baru menjabat. Nyonya Sumardi yang duduk bersebelahan dengan Ibu Nina Soekarwo, istri Gubernur Jawa Timur ternyata juga fasih menyanyikan lagu karya Tonny Koeswoyo ini. Tepuk tangan pun membahana ketika lagu pertama usai dibawakan oleh seniman legendaris yang kini bermukim di Magelang ini.

            Tanpa basa-basi, Nomo segera mendendangkan lagu kedua. Secara mengejutkan lagu yang ditampilkan oleh Nomo ini ternyata adalah Bersama Lagi karya Murry yang tak lain merupakan besan dari Nomo Koeswoyo. No Koes mampu menerjemahkan dengan baik aransemen musik ini sehingga tidak melenceng jauh dari aslinya, sementara Nomo sendiri membawakan dengan improvisasi dengan gaya khasnya.

            Usai tembang ketiga, Nomo memanaskan suasana dengan membawakan lagu jawa karyanya yaitu Piweling. Lagu yang mengingatkan para pemimpin untuk tidak melupakan amanah pada rakyat yang dipimpinnya ini dibawakan Nomo secara enerjik. Lagu ketiga ini sekaligus menutup penampilan No Koes pada malam itu. Nomo pun mengucapkan selamat menempuh tugas yang baru bagi mantan Pangdam serta Pangdam yang baru menjabat di bumi Jawa Timur.

            Panggung hiburan selanjutnya berganti peran dengan Master band yang siap mengiringi  penampil berikutnya. Yopie Latul malam itu tampil berimprovisasi membawakan lagu Cintaku yang pernah dipopulerkan oleh almarhum Chrisye. Sementara Dewi Yull juga ikut memeriahkan acara dengan menyumbangkan suara emasnya. Dewi Yull pada saat itu sekaligus menyampaikan bahwa dia sudah membina rumah tangga kembali dengan bersuamikan seorang pria yang berasal dari Surabaya.

            Kehadiran Nomo yang sekalipun singkat namun mampu membawa kesan yang mendalam bagi siapa pun yang menyaksikan, mengingat sangat jarang sekali Nomo beserta No Koes hadir di Surabaya untuk menghibur penggemarnya. Namun sedikit catatan, sebaiknya No Koes menampilkan lagu-lagu Koes Bersaudara atau No Koes era lama yang sudah populer dalam penampilan yang memang singkat karena padatnya durasi acara yang tersedia. Hal ini diperlukan supaya tamu undangan tidak terasa asing dengan penampilan Nomo Koeswoyo yang memang sudah ditunggu-tunggu itu.

            Demikian reportase singkat yang kami sampaikan mengenai penampilan No Koes, mohon maaf atas setiap rangkaian kata dan kalimat yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatiannya. Jayalah selalu musik Indonesia.

( Okky T. Rahardjo, penggemar No Koes Dari Surabaya, 085645705091, 518CC94A )




            

Tidak ada komentar:

Posting Komentar