Selasa, 17 November 2009

Reportase JN Surabaya acara Nge-Koes Plus


Senin siang, beberapa anggota Jiwa Nusantara Surabaya berkumpul di area Sun City Sidoarjo. Di lokasi yang merupakan area pertokoan Giant di pusat kota udang, Sidoarjo berkumpul para penggemar Koes Plus juga disertai dengan The Bottles, band pelestari yang juga akan menjadi pengisi acara.
Hari itu kami akan mengadakan pengambilan gambar ( taping ) oleh Arek TV Surabaya untuk kepentingan acara Nge-Koes Plus edisi pertama. Instruksi berkumpul pkl. 13.30 WIB pada akhirnya harus molor sampai pkl. 15.30 WIB menunggu kesiapan kru Arek Tv yang belum lengkap berkumpul. Setelah menunggu satu jam, akhirnya semua pengisi acara masuk lokasi acara Tropis Café, yang khusus disewa guna kepentingan pengambilan gambar ini.
Beberapa kru Arek Tv mulai mengadakan pembahasan teknik acara bersama The Bottle’s mengenai lagu-lagu yang akan dibawakan, dilanjutkan dengan pembicaraan bersama dua narasumber dari JN Surabaya. Saat itu dua narasumber yang disiapkan adalah Koesyanto, selaku kolektor dan saksi hidup kejayaan Koes Plus. Konon beliau ini pada tahun 1982 pernah diajak oleh radio P2SC Jakarta untuk menemui personel Koes Plus di kompleks Haji Nawi, malah saat itu beliau menginap di kediaman Yok Koeswoyo. Sedangkan narasumber yang kedua adalah ketua JN Surabaya. Sementara itu tim lapangan Arek Tv mulai menata panggung dengan mempersiapkan backdrop panggung bergambar personel Koes Plus dari cover album volume 7 dengan menambahkan pada tulisan tengah “ Nge-Koes Plus”. Beberapa anggota JN Surabaya tampak bangga melihat hal ini, karena tampak sekali keseriusan Arek Tv mempersiapkan acara yang baru pertama ini. Hari itu rencana akan diadakan pengambilan gambar untuk dua episode langsung.
Tepat menjelang maghrib sutradara acara meminta semua yang hadir untuk berdoa tanda akan dimulainya acara. Sesudah adzan maghrib berkumandang, mulailah lagu pertama yaitu Dara Manisku yang dibawakan secara akustik. Ada kejadian yang unik di sini, saat lagu Dara Manisku usai dibawakan dan host mulai masuk, tiba-tiba dalam perjalanan menuju panggung host cantik yang bernama Desi itu terjatuh terpeleset di tangga panggung karena lantai panggung yang terasa licin. Karena adegan itu sudah masuk dalam rangkaian lagu, jadilah diadakan pengambilan gambar ulang untuk lagu Dara Manisku yang pada akhir lagu host hanya membuka acara di depan panggung.
Setelah beberapa lagu dibawakan, pada episode pertama dengan tema “ Rindu Kelelawar Dari Timur “ ini tampillah Koesyanto selaku narasumber. Host mengajukan pertanyaan seputar perkenalan narasumber terhadap Koes Plus dan kenangan terhadap lagu karya Koes Plus. Saat itu Koesyanto, yang berusia 49 tahun, mengatakan bahwa dia terkesan sekali dengan lagu Janjimu yang dia pakai untuk merayu pacar yang saat ini menjadi isterinya. Episode ini diakhiri dengan lagu Bunga Di Tepi Jalan yang diikuti tampilnya para anggota JN Surabaya ke panggung untuk bernyanyi bersama.
Setelah istirahat sejenak yang disertai jamuan makan malam dan memberi kesempatan host dan The Bottles untuk ganti pakaian, syuting untuk episode kedua pun dimulai. Diawali dengan lagu “ Bujangan “ yang dibawakan secara akustik, episode yang ber-tema-kan “ Buat Apa Susah “ dimulai. Kali ini The Bottles mampu membuat suasana menjadi meriah dengan pilihan lagu yang familiar diantaranya Kolam Susu dan Ojo Nelongso yang mampu mengajak beberapa anggota JN Surabaya maju untuk berjoget mengikuti irama lagu.
Narasumber kali ini adalah ketua JN Surabaya yang saat itu mengawali dengan salam khas komunitas penggemar Koes Plus yaitu “ Salam Jiwa Nusantara “ yang disambut dengan “ Merdeka”. Host menanyakan pada narasumber seputar aktivitas komunitas ini dan kesan terhadap personel Koes Plus yang pernah ditemui. Pada akhir dialog, host meminta narasumber untuk menyanyikan sepotong syair lagu Jemu yang dilanjutkan dengan sempurna oleh The Bottles. Sebagai penutup acara dinyanyikan lagu Buat Apa Susah secara bersama-sama.
Usai acara semua merasa puas dan gembira yang disertai hujan turun dengan deras untuk pertama kali di kota Sidoarjo. Sebagai catatan, The Bottles merupakan band yang terbentuk dari perusahaan minyak goreng dimana mereka sama-sama berada pada satu divisi yang sama, divisi pembotolan. Terima kasih, salam Jiwa Nusantara…!!!

Okky T. Rahardjo
Ketua Jiwa Nusantara Surabaya

1 komentar:

  1. Cak drovn. . Salam Jiwa Nusantara. . .acara nge Koes plus. . di AREK TV, . Merupakan wujud dari keseriusan dari gerombolan ( maaf biar lebih garang ) para penggemar,penikmat,penggila,pelestari, . . krn kami ( jinussurya ) benar 2 totalitas dlm mengabadikan dan melestarikan karya dari grup band koes plus, yg tersohor di seluruh negeri dng modal cinta karya anak negeri. . KERJAKAN KINI. . . Merdeka.

    BalasHapus