Sabtu, 30 November 2013

Edisi Kuliner Surabaya : Es Tebu Jl. Prapen, Menikmati Kesegaran Di Pinggir Jalan

es tebu siap dinikmati
            Siang hari suhu kota Surabaya terasa panas menyengat tiada ampun. Bagi manusia yang kebetulan sedang berada di jalanan sekitar jam dua belas ke atas maka akan mengalami terik kehausan yang melanda tenggorokan karena pengaruh panasnya cuaca Kota Pahlawan. Lalu lalang pengemudi kendaraan roda dua dan roda empat serta selebihnya yang sedang sibuk dilanda kerja, memaksa mereka untuk mencari tempat perhentian guna meredakan kehausan yang sudah sangat mencekam.

            Berikut ini kami akan mencoba menawarkan sebuah alternatif tempat mangkal yang cocok sebagai pereda kehausan kala anda sedang beredar menyusuri kepadatan lalu lintas kota Surabaya. Saat kebetulan melaju ke lintasan Surabaya Selatan, cobalah melewati jl. Jemur Sari menuju arah jl. Prapen. Di sudut jalan kita akan menemui sebuah tempat penjualan minuman yang bila beranjak siang akan terlihat ramai oleh pembeli guna menghentikan kehausan yang melanda. Ya, di situ kita akan mendapati sebuah stand penjualan es tebu, sebuah minuman yang bila tersaji dingin akan terasa nikmat dan menyegarkan.

            Es tebu akhir-akhir ini seakan menjadi minuman khas jalanan kota Surabaya. Betapa tidak, hampir di setiap sudut jalan kita akan menjumpai penjual minuman es tebu dengan berbagai variasinya tersedia di kota Surabaya. Berbagai variasi yang dimaksud di sini adalah adanya yang menjual es tebu dengan rasa yang murni, yaitu langsung disajikan setelah digiling di tempat saat itu juga. Selain itu ada pula yang mengemas es tebu dengan ditambah madu sebagai pelengkap selera, sehingga disebut sebagai es tebu rasa madu.

            Es tebu yang berlokasi di jl. Prapen ini menyajikan rasa yang murni karena di tempat itu juga tersedia gilingan mesin tebu yang siap setiap saat memproduksi kala stok yang ada di tempat penjualan terlihat menipis. Es tebu ini sangat cocok untuk mengatasi kehausan yang melanda kala kita sedang berada di jalanan. Rasanya yang nikmat dan menyegarkan akan membuat kita betah berlama-lama duduk nongkrong sambil melepas lelah sembari melihat ramainya lalu lintas jalanan Prapen yang terbentang menjadi dua arah.

            Harga yang ditawarkan murah meriah membuat es tebu ini ramai dikunjungi oleh para penghuni jalan raya. Satu gelas es tebu dihargai dua ribu rupiah, yang bila kita minta kemasan dibungkus harus menambah lima ratus rupiah. Bukan hanya es tebu, di tempat itu juga disajikan makanan ringan sebagai teman menikmati minuman es tebu. Tentu saja yang cocok dan akrab bagi warga kota Surabaya adalah pangananyang disebut sebagai jajan gorengan. Terlihat tersusun rapi di etalase kaca bertumpuk jajan yang menggoda selera yaitu tahu isi, ote-ote dan tempe goreng (menjes) yang dijual seharga seribu rupiah saja. Tapi tentu yang punya pantangan tertentu sebaiknya membatasi menikmati gorengan ini. Hanya saja ketika ditanyakan pada penjualnya tentang batasan menikmati jajan gorengan, dia akan menjawab bahwa makin banyak kita mengambil maka akan berdampak baik pada kesehatan keuangan penjual dan keluarganya. (ya pastinya begitu ya…hehhee..)

Masih mau makanan yang lebih ringan lagi, cobalah angkat tangan ke atas maka kita akan menjumpai segerombolan krupuk yang siap untuk diraih dan dinikmati. Tapi hati-hati jangan terlalu banyak, nanti bisa terbang sehingga makanan dan minuman yang sudah dinikmati jadinya tidak terbayar. Ketika kita duduk di bawah tenda penjualan es tebu sambil menikmati minuman segar dan makanan ringan, terpampang pula di hadapan kita serantang sambel petis sebagai penggugah selera menikmati gorengan yang bila persediaan habis, siap pula untuk ditambah dengan stok yang masih tersimpan di dalam rombong. Bagi pembeli yang mau menikmati sajian es tebu dan jajanan ini langsung di lokasi, tersedia tempat duduk bangku panjang berjajar tiga. Namun jangan harap kita akan mendapatkan kedudukan yang layak di tempat itu bila situasi sedang ramai oleh pelanggan yang menghampiri.

Tidak terlalu sulit menemui lokasi penjualan es tebu ini, karena letaknya yang sangat strategis. Bila kebetulan melintas di jl. Prapen, kita tentu akan menjumpai sebuah pertokoan Indogrosir. Nah, es tebu ini tepat berada di samping pintu masuk pertokoan tersebut. Yang juga berarti berada di seberang SMAN 16 Surabaya dengan sebuah sungai sebagai pemisahnya. Ya, benar sekali dugaan anda, lokasinya berada sebelum lampu merah perempatan antara panjang jiwo dan jagir wonokromo. 

Nah, kami sudah mereferensi salah satu tempat penjualan minuman dan makanan ringan yang berada di sudut kota Surabaya. Kalau penasaran, segera saja datang ke lokasi yang dibuka sekitar pkl. 09.00 hingga menjelang maghrib. Oya, bagi penderita kencing manis jangan kuatir karena anda bisa memesan es tebu tersebut tanpa menggunakan gula. ( hehhehe….yang namanya tebu ya jelas bahan bakunya gula, yo’opo siihh…).

Demikian yang dapat kami sajikan melalui tulisan ini. mohon maaf bila terdapat rangkaian kata dan kalimat yang kurang berkenan. Selamat menikmati sajian kuliner di kota Surabaya. Jangan lupa, tetap jaga kesehatan.

( Okky T. Rahardjo, penikmat kota Surabaya—085645705091 )

es tebu dan jajan gorengan

1 komentar: