Senin, 21 Desember 2015

Fasilitas Wifi Bagi Para Peselancar



            Siapa diantara pengguna internet yang tidak pernah memanfaatkan fasilitas wifi yang tersebar di berbagai sudut kota ?. Saya rasa sebagian besar dari kita yang sudah melek dengan teknologi internet pasti pernah menggunakan fasilitas jaringan internet nirkabel ini. Fasilitas ini hampir ada di berbagai tempat umum baik secara gratis maupun membayar dengan biaya ringan namun pemakaian sepuasnya.

            Fasilitas wifi tersedia di perkantoran, beberapa mall, taman kota hingga ke warung-warung kopi yang ada di pinggir jalan pun tersedia wifi. Kita tinggal menanyakan password untuk login pada petugas atau pengelola fasilitas umum tersebut. Pada beberapa tempat tersebut biasanya fasilitas wifi tersedia gratis yang tinggal kita koneksikan dengan laptop atau smartphone yang kita bawa. Praktis, kita bisa berselancar di dunia maya sambil menikmati hidangan yang disediakan oleh penjual warkop.

Fasilitas wifi juga tersedia di wifi corner yang disediakan oleh Telkom sebagai bentuk pelayanan publik. Fasilitas wifi yang tersedia memang tidak gratis, membayar namun sangat terjangkau oleh siapa saja yang mau memanfaatkannya. Pada fasilitas wifi yang disediakan oleh Telkom ini pengguna tinggal membeli kartu voucher wifi seharga lima ribu rupiah lalu bisa menjelajah alam maya selama 12 jam. Iya, 12 jam, keren bukaaannn...Dalam arti kata kita bisa menggunakan sepuas kita mau. Ya karena menurut saya, jarang sekali ada yang bisa bertahan 12 jam maen internetan secara terus menerus.

Salah satu fasilitas wifi yang disediakan oleh Telkom saya temui di kantor Telkom Jl. Kapuas, Surabaya. Setiap hari di situ berkumpul anak-anak muda yang betah untuk menikmati fasilitas internet secara massal. Memang ada juga yang kategori bapak-bapak usia setengah baya, namun sedikit sekali. (Hmm, kalau saya kategori bapak-bapak atau bukan, yaaa...hehehe ). Ada yang datang bersama teman, ada yang sendirian, ada juga yang hadir bersama pasangannya. Semua demi satu tujuan, menikmati fasilitas wifi yang disediakan oleh Telkom.

Beberapa kantor Telkom yang ada di Surabaya tampaknya juga sudah mulai menyediakan fasilitas wifi corner sedemikian rupa. Selain di Telkom Kapuas, ada juga di Telkom Ketintang dekat kampus Unesa. Demikian pula kantor Telkom yang berlokasi di jl. Kendangsari dekat kantor pos. Tersedia pula fasilitas wifi di Plasa Telkom jl. Dinoyo dekat kampus UWM. Namun saya lebih suka singgah di kantor Telkom jl. Kapuas karena lokasinya yang strategis. Depan wifi corner ini sudah masuk kawasan jl. Diponegoro yang merupakan akses keluar dan masuk menuju pusat kota. Apalagi di lokasi ini juga terdapat penjual makanan dan minuman yang bersedia mengantar konsumsi yang kita pesan menuju tempat kita beradu cepat memacu jaringan on line.

Sekarang ini fasilitas internet sudah menjadi seperti kebutuhan pokok keempat setelah sandang, pangan, papan. Di mana pun orang membutuhkan internet untuk berkomunikasi. Berbagai wifi corner yang tersedia pun memudahkan masyarakat pengguna untuk beraktivitas di dunia maya. Pengguna tidak perlu bersusah payah mencari warnet yang kini keberadaannya semakin tidak populer. Sederhana sekali, setelah memarkir kendaraan kita tinggal membeli kartu vouher wifi ke petugas satpam yang berjaga. Namun cerita akan menjadi lain, bila kita sudah membeli voucher, sudah pula pesan makanan ringan ditambah minuman dan telah menemukan tempat duduk yang pas, akan tetapi kita lupa membawa laptop. Aduh, gawat nih ....

( Okky T. Rahardjo, 085645705091, 518CC94A )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar