Rabu, 02 Desember 2015

The Bottles Tampil Akustik Di Radio Sonora Surabaya

          
              Surabaya Koes Plus Night kembali siar pada Senin, 30 November 2015. Setelah pada edisi sebelumnya pendengar diajak untuk mengenang kembali kejayaan Koes Plus melalui album volume sembilan, kali ini ada sesuatu yang istimewa di acara yang disiarkan di radio Sonora ini. Pada edisi ketiga ini pendengar diajak untuk mendengar sebuah bentuk pelestarian terhadap Koes Plus yang dilakukan oleh sebuah band yang personelnya masih berusia muda. Band tersebut bernama The Bottles yang sudah berani mengambil langkah sebagai band pelestari Koes Plus.

            Senin malam itu The Bottles diwakili oleh dua personelnya yaitu Dody selaku pemain melody gitar dan Teguh sebagai vokalis utama. Ketiga personel lain berhalangan hadir mengingat ada tugas kerja yang sudah menjadi bagian shift mereka. Sebagaimana diketahui, The Bottles ini merupakan band yang berangkat dari kelima personelnya yang berasal dari sebuah perusahaan minyak goreng. Mereka pun awalnya berada pada satu divisi yang sama yaitu pengisian botol, hal itulah yang melatar belakangi nama The Bottles.

            Dody dan Teguh saat itu masing-masing membawa gitar akustik untuk unjuk kebolehan bernyanyi di udara. Kedua personel band pelestari ini sejenak menyelaraskan gitar yang mereka bawa sebelum masuk ruang siaran. Sementara itu narasumber tetap SKPN yaitu Okky Rahardjo, Sam Sugeng dan Koesyanto mempersiapkan segala sesuatunya untuk keperluan siaran malam itu. Lagu yang akan diperdengarkan pun sudah diatur sedemikian rupa sehingga diharapkan bisa memuaskan kerinduan para penggemar Koes Plus.

            Waktu menginjak pkl. 21.00, lagu Angin Laut versi rekaman pertama Koes Bersaudara diputar oleh Mas Dodik selaku penyiar radio Sonora.  Saat itu sempat sedikit ada kendala dari salahs atu narasumber yang akan memasukkan materi lagu dari flash disk ke CPU komputer siaran. Setelah data terbaca, keluarlah lagu Janjimu yang disuarakan oleh The Bottles. Ya, format siaran kali ini memang dikhususkan pada The Bottles. Oleh karena itu materi lagu pun diantaranya diambil dari rekaman live show The Bottles di beberapa kota. Setelah lagu Janjimu usia meluncur dengan baik, maka mulailah penyiar membuka acara dan memberi kesempatan untuk personel The Bottles memperkenalkan diri.

            Dody sang leader The Bottles dengan runtut berkisah tentang awal mula berdirinya The Bottles serta liku-liku mereka sebagai band pelestari Koes Plus di kota Surabaya. Dia mengatakan bahwa The Bottles berdiri sejak tahun 2004 bersamaan dengan kelahiran salah satu putranya. Sementara Teguh sendiri mengisahkan pengalaman sebagai vokalis yang membutuhkan proses yang tidak mudah. Dari sebelumnya yang menerapkan format tiga personel hingga tinggal dirinya seorang yang menempati posisi sebagai vokalis utama. Saat ini The Bottles terdiri dari lima orang personel yaitu Teguh (Lead Vokal dan rhytym), Dody (Melody gitar dan vokal2), Takari (Bass dan vokal), Joko (Keyboard) serta Agus (Drum).

            Dalam kesmepatan itu penyiar sempat bertanya apakah ada kenangan khusus ketika manggung selama ini. Teguh sang vokalis sejenak mengingat sebuah peristiwa yang mengharukan. Dia bertutur suatu ketika ada seorang satpam yang berjaga di sebuah mall tempat mereka manggung. Satpam ini tiba-tiba terharu bahkan hingga meneteskan air mata ketika mendengarkan The Bottles melantunkan Andaikan Kau Datang. Usai acara, satpam ini menghampiri Teguh dan menceritakan bahwa sejak kecil dia ditinggal oleh ayah kandungnya dan lama tak berjumpa. Namun yang menjadi keharuan tersendiri, ayahnya itu ternyata penggemar Koes Plus terlebih suka pada lagu Andaikan Kau Datang. Oleh karena itu ketika mendengarkan lagu tersebut maka timbul ingatan pada ayahnya yang sampai hari ini tak diketahui keberadaannya. Personel The Bottles pun sempat tercengang sendiri mendengarkan kisah tersebut.

            Dalam kesempatan siaran malam itu beberapa pendengar memberikan apresiasi pada The Bottles. Mereka salut masih ada orang-orang muda yang mau menyediakan diri menjadi pelestari Koes Plus. Salah seorang memberikan semangat untuk The Bottles terus berkarya dan berjuang dalam pelestarian. Semangat dan apresiasi yang diberikan ini menjadi semacam bahan bakar dan energi baru bagi personel The Bottles yang hadir malam itu. Hal ini menunjukkan bahwa apa yang mereka lakukan selama ini tidak pernah sia-sia dalam mewarnai pelestarian Koes Plus di kota Surabaya.

            Adapun dalam penampilan The Bottles secara live di radio Sonora mereka menghadirkan lagu-lagu Koes Plus secara akustik. Tiga buah lagu mereka perdengarkan yaitu Aku Cinta Padamu, Pelangi dan Jemu. Bahkan khusus lagu Pelangi merupakan request langsung dari salah seorang pendengar yang menelepon malam itu. Selain penampilan secara akustik, malam itu diperdengarkan rekaman live show The Bottles ketika tampil di beberapa kota. Lagu-lagu yang malam itu diudarakan diantaranya yaitu Janjimu, Mawar Bunga, Why Do You Love Me, Main Belakang dan tak ketinggalan lagu andalan mereka yaitu Nuswantoro.

            Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai hadirnya The Bottles sebagai bintang tamu dalam acara Surabaya Koes Plus Night di radio Sonora Surabaya. Mudah-mudahan pelestarian yang dilakukan oleh The Bottles akan terus bergema di kota Surabaya dan sekitarnya. Maju terus untuk The Bottles.


            ( Okky T. Rahardjo, 085645705091, 518CC94A )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar