Kamis, 11 Maret 2010

Ku Yakin Sampai Di Sana with Koeswoyo Junior



Sebagian dari kita mungkin sudah mengetahui informasi ini, tapi mungkin beberapa dari antara kita malah kurang "ngeh" kalau dinasti Koeswoyo menjadi salah satu pengisi lagu di album ketiga presiden Susilo bambang Yudhoyono (SBY) yang bertajuk Ku Yakin Sampai Di sana.
Ya, dalam album yang dirilis sekitar dua bulan lalu ini ada 2 lagu karya SBY yang dinyanyikan oleh grup dari dinasti Koeswoyo, Koeswoyo Junior. Koeswoyo Junior terdiri dari David Koewoyo (vokal/gitar), Damon Koeswoyo (gitar), Adam Koeswoyo (bass), Beeba Koeswoyo (keyboard) dan seorang rekan di luar keluarga Koeswoyo yaitu Vinky Aprilla (drum).
Bila menilik personel yang ada dalam grup ini, maka sejatinya mereka adalah Brothers of Koes yang sempat mendeklarasikan diri tahun 2008 di Pasar Seni Ancol. Presiden SBY, sebagaimana yang kita ketahui, adalah merupakan penggemar Koes Bersaudara dan Koes Plus. Karena itu ketika beliau mulai memiliki lagu karya sendiri, yang ada dalam benak beliau adalah bagaimana membuat lagu yang bertema ringan dan sederhana sebagaimana ciri khas Koes Plus untuk dinyanyikan oleh generasi penerus Koeswoyo. Sebenarnya ide dan rencana ini sudah ada sejak tahun 2006, bahkan mungkin jauh sebelum album pertama dirilis. Namun kesempatan itu baru ada pada album ketiga di tahun 2010 ini.
Hasil karya SBY tersebut dapat kita simak pada lagu urutan 3 yang berjudul "Budi Temanku" yang menceritakan kisah perjalanan sosok pemuda desa yang ingin sukses di kota, tapi akhirnya dia meraih keberhasilan dengan membangun desanya. Lagu berikutnya ada di urutan 6 yaitu "Liburan Sekolah" yang berkisah tentang seorang anak menghabiskan masa libur dengan berkunjung ke pantai yang indah. Lagu-lagu tersebut di aransemen sendiri oleh Koeswoyo Junior, yang konon menurut David sudah dibuat lebih cepat sedikit beatnya supaya sesuai dengan telinga anak muda saat ini.
Ku Yakin Sampai Di Sana merupakan album yang perlu untuk dijadikan salah satu rujukan bagi kolektor Koes Bersaudara dan Koes Plus. Walau bagaimana pun juga ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari seorang penggemar Koes Bersaudara dan Koes Plus, yang kebetulan saat ini penggemar tersebut menjadi Presiden Republik Indonesia. Baik atau buruk album ini kita harus menghargai sebagai karya seni yang sekaligus melestarikan dan mengakui karya keluarga Koeswoyo. Lepas dari masalah politik yang saat ini dihadapi oleh Presiden SBY, dengan segenap penghargaan yang tinggi dan tanpa bermaksud promosi, mari kita menyambut datangnya album Ku Yakin Sampai Di Sana.

Budi Temanku

Aku punya teman
Budi namanya
Anaknya pintar
Lagi jenaka

Masih kuingat
Si Budi punya cita-cita
Ingin membuat orang tua bahagia
Budi bertekad pergi dan kerja di kota
Ia berharap sukseslah hidupnya

Pada suatu hari ku pulang ke desa
Mencari tahu Budi di mana
Aku kira dia sudah hidup senang di kota
Jadi pegawai sesuai cita-cita
Oh ternyata dia hidup tentram di desa
Jadi petani sukses dan sejahtera



















Sumber gambar : Kompas on line dan Blogwarta.

1 komentar:

  1. pak sby bisa aja, nama ku di bawa2, hehehe,,,salam jiwa nusantara mas...salute to koesplus

    BalasHapus