Sabtu, 15 Mei 2010

JINUSS, dari rencana tampil 2 lagu jadi 20 lagu

Siang itu cuaca kota Sidoarjo sedang dilanda hujan deras. Kontingen JN Surabaya yang berangkat dari berbagai penjuru pun juga tidak luput terkena hujan deras yang mengguyur mulai pagi. Kamis, 13 Mei 2010 itu bertepatan dengan hari libur nasional JN Surabaya sedang berusaha hadir untuk memenuhi undangan dari salah seorang anggota baru yang mendirikan studio musik yang berlokasi di kota udang Sidoarjo.
Kontingen JN Surabaya berangkat secara sporadis sesuai kesepakatan masing-masing. Pengurus berangkat melalui sekretariat di kawasan Kedung Turi, JINUSS band berangkat bersama dengan berkumpul di stasiun Gubeng, dan ada juga anggota yang langsung berangkat dari Gresik dan Sidoarjo. Hujan deras tidak menyrutkan niat rekan-rekan JN Surabaya untuk menghadiri undangan istimewa pada hari itu.
          Hari itu seorang anggota baru yaitu, Dr. Winaryo sedang mengadakan peresmian pembukaan studio kursus musik. Studio yang bernama double’ d music ini berlokasi di kawasan Pondok Mutiara Sidoarjo (depan RS. Delta Surya). Acara direncanakan mulai pkl.11.00 WIB dengan undangan istimewa yaitu rekan-rekan yang tergabung dalam JN Surabaya. Namun mengingat hujan yang menghambat kedatangan pengurus JN Surabaya maka acara dimulai pkl.11.25 WIB. Saat itu kontingen JN Surabaya yang hadir antara lain Sutaryono, Hery “Herdon” Purwanto, Kusyanto, Sam Sugeng, Okky TR, Suryanto dan Sugianto. Selain juga JINUSS band. Setelah semua undangan hadir dan persiapan dirasa cukup, maka acara pun dimulai. MC siang itu membuka dengan penjelasan singkat akan maksud diadakannya pertemuan siang itu. MC yang memperkenalkan diri sebagai mantan penyiar radio saat itu menyatakan kalau sang tuan rumah adalah penggemar Koes Plus maka tak heran kalau ketika semasa dia masih siaran, Dr. Win ini sering request lagu Koes Plus terutama Why Do You Love Me.
         Setelah pembukaan oleh MC dan doa oleh salah seorang pemuka agama, acara berikutnya adalah sambutan pertama yang disampaikan oleh Dr. Winaryo selaku tuan rumah. Beliau menyatakan perasaan bangga dan bahagia karena pada hari itu dapat mewujudkan meresmikan studio musik yang juga dihadiri oleh rekan-rekan penggemar Koes Plus. Beliau menyatakan bahwa kesukaan pada Koes Plus membuat ingin sekali menyalurkan dalam bentuk mendirikan studio musik yang pada akhirnya nanti dapat membentuk band yang terdiri dari siswa yang berlatih di tempat tersebut. Kegemaran pada Koes Plus makin terasa terlampiaskan dengan puas manakala dapat bergabung dengan Jiwa Nusantara Surabaya.
Kesempatan berikutnya adalah sambutan yang diberikan pada ketua JN Surabaya. Saat itu MC menyatakan kalau dari tadi disebutkan bahwa Dr. Win ini sangat suka akan Koes Plus, maka bagi para hadirin bila ingin lebih mengenal tentang Koes Plus dapat menyimak sambutan yang akan disampaikan oleh ketua JN Surabaya. Mengenakan pakaian hitam berlogo Koes Plus dari cover album volume 7, ketua JN Surabaya mengawali sambutan dengan ucapan selamat atas diresmikannya studio musik yang diharapkan dapat menumbuhkan musisi-musisi baru dari Jawa Timur yang dapat bersinar di bumi Nusantara tercinta.
        Saat itu juga disampaikan sekilas mengenai JN Surabaya, sebagai komunitas penggemar Koes Bersaudara dan Koes Plus beserta visinya. Visi tersebut yaitu yang pertama adalah melestarikan karya musik Koes Bersaudara dan Koes Plus beserta tingkatan sejenisnya (No Koes, Murrys Group, Chicha Koeswoyo, Junior,dll). Ketua JN Surabaya menunjukkan sebuah kaset Koes Bersaudara album Angin Laut sebagai salah satu bukti bentuk dokumentasi yang dimiliki JN Surabaya. Visi berikutnya adalah menjadi perekat bangsa yang menyatukan semua penggemar Koes Plus dari berbagai elemen dan latar belakang. Pada kesempatan itu disampaikan juga sebuah pernyataan selamat dalam bentuk kertas berlogo JN Surabaya dan dua cd album The Best of Koes sebagai bentuk aprsiasi dan kenang-kenangan kepada Dr. Winaryo selaku tuan rumah.
       Setelah penampilan home band, tibalah giliran band pelestari Koes Plus dari Surabaya yang tampil. Saat itu JINUSS band sebagai band undangan tampil dengan kekuatan penuh. JINUSS band hadir dengan formasi : Budi Santosa (keyboard/lead guitar), Suyitno (rhytym/lead vocal), Bagus Nusanto (bass), Fandy (drum) dan Djuanam (backing vokal). Pada kesempatan itu JINUSS sebenarnya diberi kesempatan untuk menampilkan 2-3 lagu Koes Plus sebelum akhirnya makan siang. Namun karena antusias pengunjung yang begitu besar untuk menyaksikan lagu-lagu Koes Plus didendangkan membuat acara makan siang jadi tertunda.
Suyitno selaku vokalis mengawali dengan menyampaikan selamat atas diresmikannya studio kursus musik yang memiliki sebutan d’d music itu. Vokalis yang di komunitas facebook memiliki nama Leo Putra Negara ini menyatakan kesiapannya untuk menghibur penggemar Koes Plus dan para undangan yang saat itu hadir. JINUSS band membuka penampilan dengan lagu fenomenal yaitu Andaikan kau Datang.
      Selanjutnya Sutaryono (personel Beat Plus) yang saat itu juga hadir ikut maju menyumbangkan suara pada lagu Da Silva. Ketika lagu itu didendangkan, suasana menjadi cair setelah sebelumnya sempat mengalami gangguan pada keyboard. Winaryo ternyata juga tidak mau ketinggalan. Sebagai pembuktian bahwa dia suka Koes Plus, maka lagu yang dia nyanyikan adalah Janjimu yang jarang sekali didendangkan oleh Koes Plus formasi terbaru ini. Secara manis berikutnya meluncur lagu-lagu yang sudah tidak asing di telinga penggemar Koes Plus. Kota Lama dibawakan secara bagus dan penuh suasana nostalgia. Dari barisan pengunjung arah belakang terdengar teriakan request lagu Kolam Susu. Jadilah lagu itu dibawakan yang membuat suasana makin gembira dan meriah.
      JINUSS band membuktikan jati dirinya sebagai band pelestari baru yang tidak layak diremehkan. Hampir semua permintaan pengunjung dapat dipenuhi dengan baik. Bahkan setelah sekian lagu ditampilkan dan terpotong jeda makan siang, tampaknya hadirin masih menghendaki penampilan band yang dulu bernama Harbano ini. Pada penampilan sesi kedua JINUSS memberikan kesempatan pada hadirin dan kontingen JN Surabaya yang ada untuk maju bernyanyi. Pengurus dan anggota yang hadir pun tampak antusias bernyanyi diiringi JINUSS. Koesyanto, bendahara JN Surabaya menyumbangkan lagu Kau Bina Hidup Baru. Sam Sugeng yang menjabat sebagai sie sosial bernyanyi pada lagu Bertemu Kembali. Suryanto dari Gresik maju menyanyikan Jangan Berulang Lagi, Sugianto yang juga berasal dari Gresik mendendangkan Mawar Bunga. Bahkan ketua JN Surabaya, yang biasanya tidak mau bernyanyi di panggung, saat itu ikut menyumbangkan suaranya pada lagu Terlambat. Acara ditutup dengan lagu Kapan-Kapan yang dinyanyikan bersama Dr. Winaryo dan kontingen JN Surabaya yang hadir.
        Sedikit yang menjadi catatan bagi JINUSS adalah permainan Fandy yang saat itu seakan menjadi bintang tersendiri. permainan drumnya sangat kental dengan “khas Murry”. Semua ketukan drum yang dia mainkan seakan mengingatkan orang pada kaset asli lagu yang sedang dimainkan. Budi Santosa yang memainkan keyboard dan gitar pun juga sudah menjadi nilai lebih pada grup ini, demikian juga permainan bass Bagus yang sudah semakin padu dengan lagu yang dimainkan. Sedikit masukan hanya pada penampilan Suyitno dan Djuanam yang saat itu menggunakan pakaian seadanya pada acara yang bersifat semi-formal itu. Sehingga menjadi kurang sedap dipandang ketika tampil di panggung. Namun semua itu tidak menyurutkan                    JINUSS untuk tetap semangat memainkan lagu-lagu legendaries karya Koes Plus.
Pada akhirnya yang mengejutkan sekaligus membanggakan adalah jatah tampil yang semula diberikan oleh MC sebanyak 2-3 lagu menjadi lebih dari 20 lagu yang dibawakan oleh JINUSS. Semua terjadi secara spontan begitu saja mengikuti arus penggemar Koes Plus yang ingin dimanjakan dengan tembang-tembang dari grup legendaris itu. Sehingga acara yang secara keseluruhan selesai pada pkl.15.00 WIB itu dapat memuaskan semua yang hadir.
       Berikut adalah lagu-lagu yang ditampilkan JINUSS. Sesi I : Andaikan Kau Datang, Da Silva (Sutaryono), Janjimu (Winaryo), Kota Lama, Kolam Susu, Manis Dan Sayang, Kr. Pertemuan, Cinta Mulia, Ojo Nelongso, Tul Jaenak, Kisah Sedih Di Hari Minggu, Selamat Tinggal.
Sesi II : Jangan Berulang Lagi (Suryanto), Bahagia Dan Derita, Mawar Bunga (Sugianto), Kau Bina Hidup Baru (Koesyanto), Bertemu Kembali (Sam Sugeng), Cinta Buta, Buat Apa Susah (Sutaryono), Tiada Kata Terlambat, Tangis Di Hatiku, Terlambat (Okky T.R.), Kapan Lagi (Winaryo), Kapan-Kapan.
       Demikian reportase yang dapat kami sampaikan. Mohon maaf bila ada kata dan kalimat yang kurang berkenan pada tulisan ini. Doa dan harapan kami adalah sukses selalu untuk JINUSS selaku band pelestari Koes Plus di kota Surabaya.

(Okky Rahardjo-085645705091)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar