Minggu, 30 Juni 2013

Depot Gavena, Depotnya Penggemar Koes Plus Di Kota Madiun


       Madiun merupakan kota menengah yang masyarakatnya tidak sesibuk kota Surabaya ataupun kota besar lainnya. Namun ada banyak kenangan yang bisa digali di kota ini. Keramahan penduduk, ketenangan kota hingga beragamnya kuliner yng tersedia merupakan kerinduan tersendiri untuk selalu kembali menjejakkan kaki di kota ini. Melalui tulisan kali ini saya akan mengajak anda untuk menengok salah satu sudut kuliner kota Madiun. Percayalah tetap akan bercita rasa Koes Plus, hehehe…

                Sebagaimana diketahui bahwa di kota ini memang sudah terbentuk sebuah komunitas penggemar Koes Plus yang bernama KPK Madiun. Namun KPK yang ini bukan cabangnya lembaga pimpinan Abraham Samad loh, melainkan Komunitas Penggemar Koes Plus. KPK dipimpin oleh Tri Cahyono yang tinggal di jl. Salak. Eh, bicara tentang jl. Salak…sebelum menuju rumah mas Tri Cahyono, kita akan menjumpai sebuah toko pusat oleh-oleh khas Madiun yang bernama Taman Sari. Di situ tersedia berbagai jajanan khas kota Madiun yang bisa dibawa ulang ke kota asal. Hmm, kalau ini promosi dikit…KPK Madiun memiliki dua band pelestari yang terdiri dari dua lapis generasi. Lapis pertama tentu yang senior bernama KPK. Selanjutnya yang lebih junior bernama Ontong Gedang band, kabarnya sebagian personelnya masih berstatus mahasiswa. Dua band ini sudah mencoba berbagai even yang ada di kota Madiun dan keberadaan mereka mendapatkan sambutan yang positif dari penggemar Koes Plus di kota Madiun.

                Nah kali ini saya akan mengajak anda untuk menuju jl. Panglima Sudirman. Di sini terdapat Pasar Besar Madiun. Pusat belanja tradisional kebanggaan warga kota Madiun. Tapi bukan pasar ini yang akan saya ceritakan, melainkan sebuah tempat yang tepat berada di depannya. Ya di sebuah bangunan rumah yang terletak di jl. P. Sudirman 160 kita akan menjumpai sebuah depot makanan yang tidak umum. Tidak umum di sini artinya yang mereka jual tidak mudah didapati di kota Madiun, kalau di kota besar mungkin sudah umum. Depot ini bernama Ghavena Steak. Melihat namanya sudah pasti yang dijual adalah panganan berupa steak. Kalau di Surabaya, mungkin semacam Kampung Steak. Di sini dijual steak dengan berbagai olahan, misalnya Beef Crispy atau Chicken Crispy. Bahkan tersedia paket dobel porsi yaitu double beef crispy dan double chicken crispy. Tidak hanya steak, depot ini juga menyediakan makanan lain yang akrab dengan lidah kebanyakan orang diantaranya Gado-gado dan Bakso yang menjadi alternatif pilihan bagi yang tidak suka steak.

                Berbagai minuman segar juga menjadi andalan depot Gavena ini. Mereka menyediakan minuman dengan berbagai kombinasi. Tersedia es hijau daun, es new combi atau es pineapple. Bermacam jus dan milkshake juga bisa menjadi pilihan lain yang disajikan. Rasanya nikmat dan menyegarkan. Harganya pun terjangkau. Bahkan  terdapat paket hemat bila kita makan di tempat dua steak dan dua jus, maka akan mendapatkan gratis seporsi steak. Paket hemat ini berlaku pada hari Selasa s/d Jumat mulai pkl. 18.20 s/d 20.30…Nah mau mencoba ?

Lalu apa hubungannya dengan Koes Plus dong ? Sabar..sabar…ketika kita memasuki depot ini kita akan segera menyadari bahwa pemilik depot ini adalah penggemar berat Koes Plus. Di ujung tembok terdapat display berbagai foto Koes Plus dengan berbagai pose. Ada foto Koes Plus dengan pose yang sudah umum kita lihat, terdapat pula gambar cover piringan hitam Koes Plus juga foto keluarga besar Koeswoyo Bersaudara yang pernah diabadikan oleh sang pemilik.

Display gambar Koes Plus ini terlihat mencolok sekalipun dari luar. Sehingga mudah untuk dikenali bagi siapa pun yang ingin berkunjung. Pemilik depot ini memang merupakan penggemar berat Koes Plus. Bahkan beliau mengaku bukan hanya sebagai penggemar namun sudah dianggap saudara sendiri oleh personel Koes Plus. beliau adalah bpk. Endi yang merupakan pemilik depot sekaligus seorang pengusaha sukses di kota Madiun. Endi memang sengaja mengekspresikan kecintaannya pada Koes Plus dengan menampilkan foto-foto Koes Plus pada depot yang dia kelola. Bahkan ada rencana akan membuat lebih banyak lagi tampilan gambar Koes Plus di depot Gavena itu. 

Gavena sendiri merupakan akronim nama putri bungsunya yang artinya putrid ketiga bernama Vena. Kecintaan Endi pada Koes Plus tidak perlu diragukan lagi. Bahkan beliau juga yang menghadirkan Koes Plus ketika show di kota Madiun. Langkah pertama pernah beliau mulai pada tahun 1996, saat itu dalam rangka tour nusantara Koes Plus menghibur warga kota Madiun di hotel Merdeka. Hal ini berulang pada tahun 2000, saat formasi Jack dan Andolin. Yang terbaru dan paling dikenang warga Madiun adalah ketika reuni Koes Bersaudara pada bulan Juli 2011. Saat itu hadir Yon Koeswoyo bersama personel Koes Plus Pembaruan, juga Yok Koeswoyo. Tak ketinggalan Nomo Koeswoyo beserta grup pengiringnya yang dipimpin oleh Gusmanto. Bahkan saat itu ketiga personel Koes Bersaudara diarak keliling kota Madiun menggunakan jeep terbuka.

Endi memang penggemar Koes Plus sejati. Bahkan beliau pernah menyatakan tidak masalah tidak mendapatkan keuntungan yang banyak bahkan mungkin rugi. Yang penting, Koes Plus bisa hadir menghibur warga kota Madiun. Hal ini sudah terbukti dari beberapa kali kunjungan Koes Plus di kota yang termasuk Daop VII untuk jalur kereta api ini. Endi pun bersedia menukarkan kisah dan pengalamannya sebagai penggemar Koes Plus bila ada sesame fans Koes Plus yang berkunjung ke depot yang menjadi satu dengan kediamannya itu.

Bila kebetulan sedang melintas atau berkunjung ke kota Madiun, monggo mampir di Depot Gavena. Makanan dan minuman yang dijual memang berkesan mewah, tapi yakinlah harganya terjangkau untuk semua kalangan. 

Demikian yang bisa kami sajikan melalui tulisan ini. Mohon maaf bila ada rangkaian kata dan tulisan yang kurang berkenan. Terima kasih.

(Okky T. Rahardjo, penggemar Koes Plus dari Surabaya-085645705091)

 Sudut display gambar Koes Plus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar