Jumat, 12 Februari 2010

Peresmian Jiwa Nusantara Surabaya



Komunitas penggemar Koes Plus di Surabaya dan sekitarnya saat ini sudah memiliki wadah resmi yang siap membantu memenuhi kebutuhan anggota sebagai penggemar Koes Plus. Komunitas itu bernama Jiwa Nusantara Surabaya. Terbentuk pada 10 November 2010, JN Surabaya mulai berani meresmikan diri dua bulan kemudian. Peresmian dilakukan dengan sederhana bertempat di Jl. Kedung Tarukan 24 Surabaya, kediaman bpk Juliadi, salah satu pengurus.
Semua serba sederhana dengan bekal satu tekad mendirikan komunitas yang bisa menjadi saluran bagi penggemar Koes Plus di Surabaya dan sekitarnya, maka bila acara ini jauh dari kesan mewah kami menyadari hal itu. Tidak ada gemerlap panggung dengan riuh rendah band pelestari tampil di atasnya atau banyak gambar poster dan spanduk Koes Plus dipajang. Tidak ada. Hanya berbekal semangat itulah kami berani mendeklarasikan diri. Mengingat hal itu maka tema yang kami pakai adalah " Sederhana Bersamamu". Tidak mewah yang penting bersama denganmu. Peresmian saat itu dihadiri oleh beberapa perwakilan penggemar Koes Plus di Surabaya, juga perwakilan penggemar Koes Plus dari beberapa kota. Bila dijumlah total maka ada perwakilan 10 kota yang saat itu hadir. Mereka antara lain berasal dari Solo, Yogya, Semarang, Tuban, Kudus, Malang, Jakarta juga kota-kota sekitar Surabaya yaitu Gresik, Sidoarjo dan Bangkalan.
Mengingat keterbatasan lokasi acara maka tidak semua penggemar Koes Plus dari Surabaya yang hadir. Uniknya, yang hadir dari Surabaya pun kebanyakan baru bertemu saat itu pertama kali. Tak heran karena sebagian besar mereka berkumpul dari penggemar Koes Plus yang sebelumnya stay tune di acara radio Koes Plus Mania juga ada yang berasal dari lingkup internet (facebook). Peresmian ini dilakukan oleh Sdr. Wasis Susilo selaku pembina JN Koes Music. Dalam sambutannya beliau menyatakan bahwa semula tidak mau merestui sebelum ada pembuktian gerakan dari JN Surabaya ini. Ketika JN Surabaya mampu menghimpun anggota, menaungi band pelestari dan membuat acara Nge-Koes Plus di salah satu Tv swasta lokal, maka beliau akhirnya dengan rela hati menyediakan diri untuk membantu pembinaan komunitas ini. Bahkan JN Surabaya dinyatakan tercatat sebagai fans club ke-26.
Sebagaimana layaknya acara fans club Koes Plus, maka hiburan lagu-lagu Koes Plus tetap ada. Hanya saja tidak berupa panggung yang besar dengan tampilan band. Dua band pelestari yang kami tampilkan hanya mengisi hiburan dengan permainan akustik. The Bottles memainkan dua lagu yang fenomenal yaitu " Jiwa Nusantara " dan lagu tema " Sederhana Bersamamu". Penampilan band yang saat itu diwakili oleh Doddy (gitar) dan Teguh (vokal) mampu membawa penonton mengingat lagi beberapa lagu Koes Plus yang selama ini terpendam.
Band berikutnya yang tampil adalah Harbano band yang diwakili oleh Soejitno (gitar dan vokal utama) dan Djuanam (vokal 2). Kedua personel band ini mampu mengajak penonton untuk bernyanyi bersama secara komunikatif melalui lagu "Aku Kembali" dan "Kau datang Lagi".
Hiburan berikutnya diisi oleh permainan elektone lagu2 Koes Plus oleh sdr. Wasis Susilo yang mensetting lagu menjadi persis seperti album aslinya.
Patut disyukuri acara berlangsung dengan baik dan cuaca cerah. Acara yang dimulai pkl.11.00 ini berakhir pkl.15.00. Yang mengherankan adalah ketika semua yang hadir sudah meninggalkan lokasi acara dan segala peralatan sudah dibereskan masing-masing, hujan turun dengan derasnya mengguyur kota Surabaya mulai pkl.16.30 sampai malam menjelang. Hujan itu dimaknai oleh teman2 JN Surabaya sebagai berkah dari Tuhan atas terbentuknya JN Surabaya ini. Demikian yang dapat kami sampaikan. Kiranya Tuhan selalu memberkati kita semua.
Salam Jiwa Nusantara...!!!
( Okky T. Rahardjo, ketua JN Surabaya-085645705091 )















(dari ki-ka :bp. Sugeng Prasetyo (Kudus), Wasis Susilo (Pembina JN Koes Music), Edy Kuncoro (Solo),Natsir (Semarang), Okky T.R (JN Sby), Edy S. (Tuban), Agus Basuki (Malang), Ki Sunarno (Yogya).

( Live akustik The Bottles )






( Live Akustik Harbano Plus)

1 komentar:

  1. Cak drovn : . . MERDEKA. . !! . .sekali kaki melangkah, pantang undurkan. . ! Maju terus Jinus surya . . MERDEKA. . !!

    BalasHapus