Selasa, 16 Februari 2010

Yok Koeswoyo, dalam pandangan kami


Yok Koeswoyo atau sering kami di Surabaya menyebut beliau dengan sebutan Om Yok merupakan salah satu personel Koes Plus yang sangat sederhana sekali. Bahkan menurut kami, beliau adalah seorang yang sangat cair sekali dalam membina hubungan bersama penggemar Koes Plus. Tidak ada kesan sombong ataupun jaga jarak. Yang ada hanyalah rasa sayang dan mengayomi lebih dari sekedar kebanyakan hubungan artis dan penggemar. Bahkan beberapa kali kami beruntung mendapatkan petuah dari beliau tentang pandangan hidup dalam berbagai sisi.
Meskipun kami jarang bertemu langsung dengan beliau, karena secara jarak dan waktu masih kurang beruntung dibandingkan teman2 yang ada di lingkup Jabodetabek, namun hal itu tidak menutup peluang untuk menjalin komunikasi yang akrab dengan beliau.
Saat ini ada banyak isu tentang negara yang mengusik perhatian beliau. Om Yok terkesan begitu prihatin melihat kondisi Nusantara yang beliau cintai ini. Beberapa lagu yang tercipta akhir-akhir ini terinspirasi dari kepekaan beliau terhadap situasi yang berkembang di bangsa dan negara ini.
Coba kalau kita menyimak lagu "Tragedi" yang seakan menggambarkan keprihatinan terhadap banyaknya musibah dan bencana di negeri ini. yang terbaru, "Buaya Mabuk Duren" yang nyata-nyata tercipta karena kegeraman beliau terhadap praktek manipulasi hukum di negara ini.
Kepada kami beliau sempat menyerukan pesan keprihatinan " Jangan keruhkan sumber air yang kita minum bersama airnya". Ketika kami menanyakan apa maksud pernyataan ini kepada Om Yok Koeswoyo, beliau memberikan penjelasan "Yang jelas, sumber kekayaan Nusantara ini hanya dinikmati oleh segelintir orangsaja. Padahal seharusnya kekayaan bangsa ini untuk mensejahterakan penduduknya. Bukankah ini sesuai dengan yang terdapat dalam UUD 1945.."
Kami langsung tersadar dan setuju dengan pernyataan beliau yang seakan menjadi suluh di tengah pudarnya nyala kebenaran di negeri ini.
Akhirnya dengan penuh keikhlasan, kami berdoa supaya Om Yok Koeswoyo senantiasa diberikan kesehatan selalu dan ketabahan menjalani hidup ini. Bahkan selalu mendapatkan ide-ide cemerlang yang inspiratif untuk tetap melanjutkan karya di usia yang menjelang Senja ini.
Selamat berjuang, Om Yok Koeswoyo. Merdeka...!!!

1 komentar:

  1. Cak drovn. : nah ini sosok pemusik tulen, lebih tepat disebut Tukang Musik. . Beliau ini menguasi semua jenis aliran musik, gak percaya . ? Simak aja, koesplus, album jenis apa yg gak ada, .kata beliau, . ." Pemusik itu, ya harus menguasi semua jenis musik. .." . Semoga beliau tetap sehat, . AMIN. . . MERDEKA . !!

    BalasHapus