Senin, 30 Desember 2013

Edisi Lokasi Unik Surabaya : Lokalisasi Pedagang Seragam Perjuangan


sudut jalan pulo wonokromo menuju joyoboyo


            Kota Surabaya merupakan kota yang memiliki sejuta keunikan. Apa pun bisa kita temui di kota ini. Setiap sudut kota menawarkan sajian produk yang secara tidak sengaja menjadi ciri khas tersendiri bagi jalan-jalan tersebut. Sebagaimana ketika kita mencari makanan tertentu di kawasan kota Surabaya ini, maka sejumlah item produk bisa kita jumpai di tempat-tempat tertentu di kota ini. Catatan kali ini akan menuntun kita menengok salah satu kekayaan yang sekaligus keunikan kota Surabaya yang kita cintai.

            Pernahkah anda membayangkan di mana mencari seragam tentara namun di waktu yang bukan bertepatan dengan peringatan hari besar perjuangan. Atau kah mungkin anda sedang memerlukan mencari gambar presiden dan wakil presiden dengan harga terjangkau. Bila ada seorang siswa memerlukan atribut sekolah pun semua menjadi satu kompleks di kawasan ini. Di mana ya kira-kira, bila anda warga kota Surabaya asli pasti anda mampu menerkanya sendiri. Saya beri kesempatan lima detik dari sekarang….

            Yup, benar sekali tebakan anda. Lokasinya di bawah jembatan Mayangkara sebelum terminal Joyoboyo. Tepat di atas jembatan pinggir sungai rolak yang berdekatan dengan jl. Pulo Wonokromo, tampak berjajar stand pakaian perjuangan beserta segala atribut yang melengkapinya. Di kawasan ini segala kebutuhan pakaian untuk kelengkapan seragam tampaknya ada. Mulai seragam militer macam milik TNI, Polisi, Hansip sampai Satpam pun tersedia. Bahkan atribut yang melengkapinya pun juga tersedia di tempat ini. Tinggal pilih di antara beberapa toko yang berderet maka kita akan mendapatkan keperluan kita. Peluit, jas hujan, pangkat hingga topi pun semua bisa dicari di sini.

            Seragam kantor seperti Korpri pun tampaknya juga bisa kita temui di tempat ini. Mau cari kaos doreng untuk keperluan karnaval, silakan saja. Mau bikin name tag pun boleh saja. Deretan stand toko yang terlokalisir ini memang menyediakan berbagai kebutuhan yang menyangkut urusan seragam dinas maupun harian. Bahkan bagi keperluan siswa sekolah di sini kita akan menemui kebutuhan seragam pramuka. Seperti halnya topi pramuka, dasi, pisau, buku panduan dan tali. Hanya tepuk pramuka saja yang tidak bisa ditemui di sini..hehehe…

            Apabila mencari perlengkapan upacara, kawasan ini juga menyediakan dengan begitu komplitnya. Mulai dari seragam putih, peci, penutup leher dan berbagai naskah pendukung upacara. Mau bikin name tag di sini pun tersedia dengan berbagai pilihan.. Di tempat ini pun kita dapat mencari berbagai pilihan pigora foto yang harganya menyesuaikan dengan bahan yang kita pilih. Mulai bahan kayu biasa dengan cat tepi warna hitam hingga yang dilapisi cat warna kuning keemasan. Mau ukuran besar dan kecil semuanya tersedia dengan komplit. Tinggal bawa fotonya maka pigora pun akan menyesuaikan dengan pesanan yang kita idamkan.

            Hampir sebagian besar kota Surabaya mengenal ciri khas tempat ini sehingga menjadi jujukan tiap menjelang peringatan hari besar perjuangan. Coba saja melintasi kawasan ini pada menjelang peringatan hari pahlawan, maka sepanjang jalan akan dipenuhi oleh sepeda motor yang berjajar parkir menandakan sedang padatnya pembeli. Saran kami, belilah perlengkapan baju perjuangan itu jauh hari sebelum bulan Agustus atau November supaya mendapatkan harga murah. Kalau anda mengunjungi tempat itu mendekati peringatan hari besar perjuangan, bersiaplah untuk membayar dengan harga yang lebih mahal. Ya wajarlah mereka menerapkan hukum ekonomi.

            Nah cukup sekian gambaran mengenai salah satu kawasan unik di kota Surabaya ini. Saya yakin anda yang mengaku sebagai penduduk asli kota Pahlawan ini pasti pernah melintasi daerah ini. Yakin pasti mudah menemukannya, apalagi kalau pernah berkunjung ke Kebun Binatang Surabaya, karena jalur ini pasti dilewati oleh pengendara  kendaraan bermotor. Sekarang tinggal diperiksa, manakah kebutuhan dinas anda yang belum lengkap, silakan mencoba mencari di tempat ini. Harganya terjangkau dan hasilnya memuaskan.

Demikian yang dapat kami sajikan mengenai tulisan edisi lokasi unik di Surabaya. Mohon maaf bila  terdapat rangkaian kata dan kalimat yang kurang berkenan. Selamat menjelajah kota Surabaya yang unik, penuh sejarah namun tetap mengesankan. Jangan lupa, tetap tebarkan senyuman.  

( Okky T. Rahardjo, penikmat Kota Surabaya—085645705091 )




Tidak ada komentar:

Posting Komentar